mata kuliah ini menjelaskan dan membahas tentang morfologi, anatomi, fisiologi (pergerakan, makanan, cari makan, pernafasan dan ekskresi), reproduksi, klasifikasi keterkaitannya dengan ekosistem perairan dan nilai ekonomis binatang avertebrata laut yang meliputi protozoa, Porifera, Cnidaria,Ctenophora, Molusca, Platyhelminthes, Rhynchocoela,Annelida, Pogonophora dan Arthropoda.

Koralogi (Kelas A) (3 SKS)

Matakuliah ini mempelajari tentang dinamika ilmu koralogi, serta mengkaji lebih dalam tentang evolusi, taksonomi, anatomi dan pola pertumbuhan terumbu karang.


Mata kuliah socio-tecnopreneur 2 mengajarkan bagaimana mempublikasikan ide usaha menjadi artikel pengabdian dari sebuah produk kewirausahaan.


Sistem Informasi Geografis Kelautan (Kelas A) (3 SKS)

Materi perkuliahan ini meliputi penyampaian teori dan praktikum tentang Sistem Informasi Geografis. Diharapkan dengan diberikannya mata kuliah ini akan mampumem bekali mahasiswa pada dunia nyata yang berhubungan dengan sistem informasi geografis sehingga nantinya mahasiswa telah siap untuk diterjunkan ke dalam dunia industri utamanya yang berhubungan dengan SIG secara lebih luas

VERTEBRTA LAUT (KELAS A)(3 SKS)

Dalam mata kuliah ini tercakup materi tentang ruang lingkup vertebrata laut, asal usul organisme bertulang belakang, chordata, pisces, amphibi, reptil, aves dan mamalia dan mamalia laut.

Dosen : Funty Septiyawati Polapa., S.Kel., M.Si

(Matakuliah ini ..........)